Minggu, 15 Juli 2012

Piano forte 4

Hai, ketemu lagi dengan saya, gak terasa loh sekarang saya udah masuk ke piano forte 4, kali ini saya akan coba sedikit berbagi, tentang apa saja yang saya pelajari di kelas piano forte 4. 
Piano Forte 4 ditekankan pada permainan Piano tanpa iringan musik, di Piano forte 4 ini setiap para Murid sudah harus benar-benar bisa membaca not balok dan mengerti tanda naik turunnya nada, tanda nada 1/2 ketukan, 1 ketukan, 2 ketukan, 3 ketukan, dll.
Dalam permainan Piano forte 4 pada awalnya, saya merasa kurang bersemangat dalam latihan, karena nada lagunya bisa dibilang sangat sederhana, tapi eh teryata teknik jari sangat ditekankan disini sehingga sangat perlu penguasaan teknik dalam permainannya, kalau diistilahkan guru saya nih.. di Piano forte 4 ini lah pada saat ujian akan mendapatkan nilai atau keterangan nilai .

Kombinasi jari yang di tonjolkan dalam Piano forte 4 adalah banyak menggunakan jari manis, silahkan di coba ya, secara pribadi saya merasa agak sulit hehehe,..
Berikut contoh latihan pemanasan untuk jari di piano forte 4 yang diajarkan kepada saya, jari kanan dan jari kiri: menekan do (jempol)- mi (telunjuk)- fa (tengah)- sol (manis)- la (kelingking)- dan balik lagi yaa...la (kelingking)- fa(manis)- mi(tengah)- re (telunjuk)- do (jempol)- meloncati nada ke dua re dan sol ini dilakukan untuk latihan dalam 3 sd 4 oktaf, secara terus - menerus.

Di Piano Forte 4 saya  mulai bisa memainkan lagu pop di luar latihan atau ajaran dari guru saya, seperti "my heart willl go on", "ku menunggu by rosa", juga beberapa lagu pop lainnya,. walaupun sebenarnya permainan belum begitu sempurna tapi saya merasa sudah mulai banyak peningkatan di level 4 ini,.. oh iya selain teknik jari yang diajarkan di Piano forte 4 adalah bagaimana menguasai emosi kita dalam bermain, sehingga nada atau lagu yang kita mainkan bisa benar-benar terutarakan dari bibir langsung, seperti saat kita menyayikan nada atau lagu tersebut, bisa dibayangkan kan?

Baiklah demikian apa yang bisa saya sampaikan keteman-teman pada artikel kali ini, semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit masukan dalam latihan dan memberikan motivasi untuk teman-teman untuk bisa bermain Piano dengan baik,
Terima kasih dan nantikan tulisan artikel saya berikutnya.  
Judul: Piano forte 4; Ditulis oleh Ndahbiz; Rating Blog: 5 dari 5

7 komentar:

  1. Sukses ya, Mbak. Terus update infonya ya.... Thanks.

    BalasHapus
  2. ikut nimbrung ya berbagi tentang belajar piano, hehe.. :P
    supaya tahu peningkatan permainan piano, salah satunya juga "narsis" lho. Narsis di sini maksudnya seperti nunjukin ke temen2 terus dikomentari permainannya seperti apa, atau direkam permainan pianonya lalu di-upload di youtube. Kalo mbak udah pernah upload, boleh minta link-nya? Penasaran pengen nonton. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, oh jadi salah satu kuncinya juga harus narsis yaa, aku belum pernah apload video, hehehe memang masih suka gugup pas mau direkam, tapi aku udah direkomendasikan ikut lomba konser di Yamaha, doakan yaa semoga hasilnya baik..Amien....
      InsayaAllah kalau udah punya video nanti aku apload di blog ini yaa,
      Sekarang aku dulu yang dibagiin link veonya bolehkan? :))

      Hapus
  3. Yang baru saya upload mungkin ini mbak, itu pun video pas jaman masih "lucu - lucu-nya"... Hahahaha. :D
    http://laurayuliardhilla.wordpress.com/2012/04/04/trying-to-be-a-pianist/
    http://laurayuliardhilla.wordpress.com/2012/04/04/trying-to-be-a-pianist-2/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,.. udah mahir banget permainan pianonya,.. kerenn
      hmm kayanya yg lagunya Richard masih agak keliru di chordnya yaa,. tapi tetap asik kok di dedengarnya,.
      mba bisa piano udah berapa lama? kalau latihan sehari berapa jam?? hehehehe

      Hapus
    2. Itu video pas masih "lucu2nya". Guruku ngakak waktu lihat video Richard itu, soalnya banyak bagian "remeh temeh" yang salah. Contoh kecil: tempo. Yang pertama kali tepat menjawab ya guruku itu. Hahahaha. :D Dulu sempat belajar formal 4 tahun. Tapi habis gitu putus kursus soalnya persiapan buat masuk kuliah. Kalo sehari dulu tu nggak nentu. Kadang latihan sehari bisa sampe 3 jam lebih. Kadang nggak sama sekali. Makanya itu hal yang aku sesali sekarang. :( Seharusnya siy teratur. Paling nggak sehari sejam lah. Yang paling penting niat siy. Hehe.

      Hapus

Tolong hanya memberikan komentar yang bisa memotivasi, membangun, mensupport sesuai dengan artikel yang anda ingin komentari, Terima kasih